Friday, July 9, 2010

Pekerja Seks Bangladesh Gemuk karena disuntik Steroid sapi

Faridpur, Bangladesh, 8 Juli, 2010 (AFP) - Setiap kali pemilik Rumah bordir, Rokeya, 50, mendaftar pekerja seks baru dia memberi mereka kursus obat steroid yang sering digunakan untuk menggemukkan sapi.

Untuk pekerja seks yang lebih tua, tablet bekerja dengan baik, kata Rokeya, tetapi untuk gadis-gadis muda 12 sampai 14 - yang biasanya dijual ke rumah bordil dengan keluarga mereka - suntikan lebih efektif.

"Ini adalah cara tercepat untuk membuat montok gadis dan menyembunyikan usia sebenarnya kalau dia hanya remaja," kata Rokeya, menambahkan bahwa obat yang disebut Oradexon, murah dan banyak tersedia.

Diperkirakan 200.000 perempuan dan gadis-gadis remaja bekerja di industri seks Bangladesh dan 90 persen dari mereka mungkin kecanduan Oradexon atau steroid serupa, menurut ActionAid, badan amal Inggris.

Para Dokter mengatakan penggunaan jangka panjang bisa berakibat fatal tetapi lebih luas, Rumah Bordir pemerintah terdaftar 100 kilometer (60 mil) di luar Dhaka, menyatakan sebagian besar dari 900 pekerja seks menggunakan Oradexon setiap hari untuk membuat mereka gemuk, bertubuh penuh.

Ketika pekerja seks Shahinur Begum pertama tiba di Faridpur, bercerai dan bangkrut dengan anak perempuan untuk mendukung, ia khawatir terlalu sulit untuk menarik para klien.

"Oradexon memberiku bentuk tubuh penuh, membuat saya menarik," katanya, menambahkan bahwa Madam bordil dia pertama memberinya obat untuk membantu berat badan naik, namun ia segera kecanduan itu.

"Aku bengkak seperti balon dan hipertensi. Para dokter mengatakan kepada saya untuk berhenti minum, tapi aku tidak bisa," Shahinur, 30, yang memperoleh sekitar 150 dolar per bulan, kepada AFP.

Obat ini sangat umum itu dijual di tempat-tempat minum di rumah bordir, dengan biaya sepuluh pak hanya beberapa sen - kurang dari harga secangkir teh.

As Hindi music blares from loudspeakers and her neighbours quarrel over poached clients and discarded condoms, Shahinur said she worries the drug will eventually kill her. Sebagai blares Hindi musik dari pengeras suara dan tetangganya bertengkar atas klien rebus dan kondom dibuang, katanya Shahinur kekhawatiran obat tersebut akhirnya akan membunuhnya.

"My friend used to take Oradexon every day and now the doctors say she's dying," she said, frying up spicy fish on a stove in her one-room tin shack deep inside the warren of lanes that make up the brothel. "Teman saya digunakan untuk mengambil Oradexon setiap hari dan sekarang dokter bilang dia sedang sekarat," katanya, sambil menggoreng ikan pedas pada kompor di gubuk timah satu-kamarnya jauh di dalam liku dari jalan yang membentuk rumah bordir.

"Saya merasa sulit untuk menggerakkan tubuh saya sekarang, begitu gembung - Saya tidak ingin menjadi seperti teman saya. Ketika saya datang ke sini tujuh tahun yang lalu, saya begitu kurus dan aku hampir tidak punya klien," paparnya.

"Saya sangat membutuhkan uang untuk dikirim ke anak saya dan ibu. Germo saya memberi saya 'obat steroid sapi dua kali sehari dan segera cukup lama aku tampak sehat dan indah. Aku sekarang bangun untuk enam klien sehari."

Pelacuran di Bangladesh adalah legal dalam jumlah kecil pelacuran yang diakui secara resmi, dan tempat luas discretely tersembunyi di belakang deretan toko-toko di Faridpur telah beroperasi selama lebih dari 100 tahun.

Hukum mengatakan pekerja seks harus lebih dari 18 tahun - tetapi banyak yang jelas di bawah umur, dan penelitian ActionAid mengatakan penggunaan steroid adalah yang paling umum di kalangan remaja.

Industri seks Bangladesh - di mana para pekerja seks adalah "dimiliki" oleh Germo bordir dan harus membayar biaya pembelian mereka - membuat stamping out obat keras sebagai pekerja seks dengan sendirinya ingin menggunakannya.

"Hanya Obat ini tiket pekerja seks untuk kebebasan awal karena membuatnya menarik dan membantu dia untuk mendapatkan sebagai klien sebanyak mungkin," kata Rokeya, dirinya mantan pekerja seks.

Pada tahun 2004, tiba-tiba, kematian yang sulit dijelaskan dari empat gadis muda yang secara teratur mengambil Oradexon menyebabkan kepanikan di bordir Bangladesh. ActionAid kemudian diminta oleh kelompok kampanye pekerja seks untuk menyelidiki penggunaan steroid tersebut.

"Kematian terungkap sebagai salah satu rahasia terburuk disimpan di industri seks kami," Zahid Hossain Shuvo, seorang peneliti ActionAid yang merupakan bagian dari penelitian selama dua tahun atas penggunaan obat di rumah bordir Faridpur.

"Anak-anak gadis datang miskin dan kurus di Rumah bordir dan memerlukan perbaikan-cepat untuk tubuh mereka yang kekurangan gizi jika mereka ingin menarik klien. Mereka mengatakan Oradexon bekerja seperti ramuan ajaib," katanya.

Steroid digunakan untuk menggemukkan ternak menjelang perayaan Idul Fitri Muslim, ketika jutaan binatang yang disembelih, dan juga untuk mengobati manusia penderita arthritis, tiroid, masalah usus dan alergi.

Tapi itu memiliki efek samping yang serius jika salah pemakaian.

"Ini sangat, sangat berbahaya jika Anda menggunakannya lebih dari dua sampai tiga bulan. Sebagian besar pekerja seks di Faridpur telah menggunakan obat selama bertahun-tahun, dan sekarang mereka menanggung akibatnya," kata dokter pemerintah Kamal Uddin Ahmed.

Ahmed, yang telah merawat banyak pekerja seks di rumah sakit umum Faridpur dimana dia bekerja, mengatakan penggunaan steroid dikaitkan dengan penyakit jantung, kegemukan, gagal ginjal dan osteoporosis.

Berusaha Stop dari Steroid adalah sulit karena akan ada gejala termasuk sakit kepala dan ruam kulit.

Meskipun peraturan Bangladesh melarang penjualan steroid tanpa resep dokter, dalam prakteknya ini diabaikan.

Dengan steroid mudah tersedia, kecanduan, dan baik untuk bisnis, Pekerja seks Bangladesh tidak akan mungkin melepas kebiasaan ini segera.

"Aku tahu seberapa buruk obat ini untuk saya dan kesehatan saya. Namun, mencoba menghentikannya akan lebih buruk," Kata Shahinur. "Kalau saya sakit karena itu dan tidak dapat bekerja, siapa yang akan memelihara putriku yang berusia sepuluh tahun?"

1 comment: